Beginilah Penjelasan Tentang Fungsi Lain Airplane Mode pada Smartphone

20:07 Unknown 0 Comments

Ketika naik pesawat, pemilik smartphone kerap kali mengaktifkan fitur Airplane Mode alias mode pesawat.
Dengan mengaktifkan Airplane Mode, penumpang pesawat tetap menggunakan perangkatnya selama penerbangan tanpa takut mengganggu sistem komunikasi pesawat.
Namun, fungsi Airplane Mode ternyata tidak sebatas untuk keselamatan saat penerbangan, ada beberapa fungsi lainnya dari Airplane Mode saat si pengguna smartphone tidak naik pesawat. Apa saja?
1. Menghemat Baterai
Baterai smartphone jadi hal yang cukup berharga saat ini. Bagaimana tidak, bila baterai smartphone habis, penggunanya pasti kebingungan mengingat smartphone telah menjadi salah satu kebutuhan masa kini.
Nah, Airplane Mode bisa kamu aktifkan saat baterai smartphone kamu drop ketika berada di luar rumah. Tujuannya untuk menghemat baterai, apalagi jika kamu harus menghubungi seseorang.
Dengan mengaktifkan fungsi Airplane Mode, proses background yang berjalan di smartphone atau tablet akan berhenti, dengan demikian, baterai pun akan lebih awet.
Hindari Gangguan
2. Menghindari Gangguan
Pernahkah kamu terganggu dengan banyaknya notifikasi dari smartphone saat sedang di perjalanan atau berkendara? Jika pernah, kamu bisa mengaktifkan Airplane Mode.
Dengan mengaktifkan Airplane Mode, kamu tidak akan lagi mendapatkan gangguan dari smartphone dan bisa berkonsentrasi. Tak ada lagi notifikasi yang bakal mengganggu.
Memperkuat Sinyal
3. Memperkuat Sinyal
Pengguna smartphone pasti pernah merasa sinyal pada smartphone-nya lemot bukan?
Hal tersebut tentunya sangat mengesalkan. Ada satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan kembali sinyal pada smartphone, tentunya selain dengan me-restart perangkat.
Ya, caranya dengan mengaktifkan Airplane Mode. Saat fitur ini diaktifkan, semua jaringan smartphone akan otomatis terputus.
Nah, ketika Airplane Mode dinonaktifkan, secara otomatis smartphone akan mencari jaringan baru.
Mempercepat Pengisian Baterai
4. Mempercepat Pengisian Daya Baterai
Saat mengisi daya baterai smartphone, kebanyakan orang selalu mengaktifkan perangkatnya agar tetap bisa dimainkan atau menerima notifikasi.
Hal ini ternyata membuat pengisian daya jadi tidak maksimal. Nah, jika kamu ingin baterai smartphone cepat penuh saat sedang diisi daya, kamu bisa mengaktifkan Airplane mode sembari menghubungkan kabel daya.
Kenapa bisa mempercepat pengisian daya baterai? Penjelasannya, saat Airplane Mode aktif, semua koneksi seluler, WiFi, Bluetooth, hingga GPS akan dimatikan.
Dengan demikian, daya baterai tidak terpakai untuk melakukan banyak aktivitas selain mengisi daya. Hal inilah yang membuat aktivitas pengisian daya akan berlangsung lebih cepat.
Artikel lainnya:
Meningkatkan Kinerja Android
5. Mempercepat Kinerja Android
Kalau perangkat Android kamu lemot, Airplane Mode juga bisa diaktifkan untuk membuatnya tak lagi lemot.
Perlu kamu tahu, salah satu penyebab Android lemot adalah banyaknya data lalu lintas ke luar masuk Android.
Nah, ketika Airplane Mode aktif, semua lalu lintas data akan dimatikan, dengan demikian, smartphone akan cepat kembali dan mengurangi lemotnya.

You Might Also Like